Kamis, 15 Desember 2011

Status 19 Gunung di Indonesia Waspada Ada 5 Gunung Siaga


Sebanyak 19 gunung api di Indonesia saat ini telah berstatus waspada dan lima gunung sudah berstatus siaga. Semua gunung itu sudah memasuki tahap awal akan mengalami erupsi. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api, Badan Geologi, Hendrasto usai rapat koordinasi penanganan bencana letusan Gunung Sindoro di Temanggung, Kamis (15/12).

Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Temanggung, Wonosobo dan Gunung Ijen di wilayah Banyuwangi, dan Gunung Marapi di Sumatra Barat termasuk dalam
19 gunung berstatus waspada. Status Sindoro dinaikkan menjadi waspada sejak Senin (5/12) pukul 20.00 WIB. Sedangkan Gunung Ijen naik waspada pada Rabu (14/12) pukul 23.00 WIB.

"Kalau yang berstatus awas belum ada. Tapi ada yang sudah meletus sebanyak tiga gunung, yakni Gunung Gamalama di Ternate, Gunung Dukono di Halmahera, dan Gunung Karang Etang di Sulawesi Utara," kata Hendrasto.

Menurutnya, Gunung Marapi sampai saat ini masih berstatus waspada meski gunung tersebut telah mengeluarkan abu vulkanik. Hanya saja karena ancaman dari gunung itu tidak ada, pihaknya masih mempertahankan status gunung itu pada level dua atau waspada.

"Kalau hanya abu itu tidak mengancam jadi masih waspada. Begitupun dengan Gunung Sindoro, belum kelihatan ancamannya, jadi masih waspada. Kalaupun terjadi letusan freatik, paling bahayanya hanya sampai radius dua kilometer. Jadi untuk jarak itu sudah kita tutup sejak tanggal 5," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar